Dinas PU Makassar Bina Kelompok Pemelihara IPAL Komunal di Paropo

BARUGANews, MAKASSAR – Kepala UPT BLUD PAL Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Hamka Darwis bersama stafnya temu warga di Kelurahan Paropo, Kecamatan Panakkukang, Senin 08 Mei 2023.

Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan terhadap warga pengguna Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal.

Turut hadir Ketua dan pengurus Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Sejahtera.

“Kita juga melakukan pembinaan kelembagaan KPP, agar IPAK komunal yang dikelola dapat berfungsi dengan baik. Manfaatnya, bisa dirasakan oleh warga pengguna IPAL komunal dan sekitarnya,” ucap Hamka dalam keterangannya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Setiap peserta menyampaikan kendala yang dihadapi selama ini dalam memelihara IPAL komunal.

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang kami selenggarakan setiap tahunnya, yang bertujuan untuk memastikan bahwa IPAL komunal yang dikelola oleh KPP benar-benar berfungsi dengan baik. Oleh karenanya, kami melakukan pelatihan kepada SDM pemanfaat IPAL komunal tersebut,” jelas Hamka lagi.

“Dan juga kami ingin mendengar langsung kendala dan masalah yang dihadapi oleh KPP dalam melakukan pemeliharaan IPAL komunal,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua KPP Sejahtera, A Sofyan Abdullah mengaku sangat senang dengan pertemuan ini untuk melahirkan solusi dari kendala yang dihadapi pihaknya.

Di wilayahnya, IPAL komunal melayani 27 sambungan rumah.

“Mewakili warga pengguna IPAL komunal sangat berharap ada bantuan berupa perbaikan beberapa penutup manhole IPAL yang sudah rusak,” pintanya.

“Kami sangat senang karena dinas PU melakukan kegiatan seperti ini dan kegiatan ini bisa menjadi wadah kami dalam menyampaikan permasalahan IPAL komunal yang kami kelola,” kuncinya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here