Perumda Air Minum Makassar Sosialisasi Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik, Dihadiri Camat Mariso

BARUGANews, MAKASSAR – Perumda Air Minum Makassar menggelar sosialisasi sistem pengelolaan air limbah domestik dan dampak kesehatan terhadap masyarakat, di Kantor Kecamatan Mariso, Selasa 15 Agustus 2023.

Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya persiapan peresmian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari. Dihadiri sekira 150 undangan dari berbagai element masyarakat.

Kepala UPT PAL Dinas PU Makassar, Hamka Darwis hadir sebagai narasumber bersama Ketua FKKM, dr Udin Shaputra Malik membahas sistem pengelolaan air limbah domestik dan dampak air limbah yang tidak dikelola dengan baik.

Hamka menjelaskan jika air limbah domestik itu, berasal dari aktivitas rumah tangga. Seperti mandi, mencuci dan air dari kakus. Juga termasuk berasal dari rumah makan, perkantoran, rumah sakit, industru dan tempat usaha lainnya.

Dengan begitu, dia bilang, sosialisasi semacam ini perlu ditingkatkan lagi. Agar masyarakat bisa memahami cara pengelolaan air limbah domestik dan dampak negatif yang ditimbulkan.

“Kami berharap peserta dapat berbagi informasi yang diperoleh dari acara ini kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal masing-masing,” kata Hamka.

Tidak jauh berbeda yang disampaikan Direktur Umum dan Pelayanan Perumda Air Minum Kota Makassar, Indira Mulyasari Paramastuti.

Dalam sambutannya, Indira bilang pentingnya pemahaman masyarakat tentang sanitasi.

“Sosialisasi ini sangat penting agar masyarakat dapat lebih peduli terhadap sanitasi,” tuturnya.

“Kami berharap para kader, RT/RW, dapat menjadi agen informasi mengenai pengelolaan dan dampak air limbah, sehingga kesadaran terhadap lingkungan semakin meningkat,” sambung Indira.

Camat Mariso, Juliaman pun menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap kerjasama dalam acara sosialisasi ini.

Dia berharap peserta yang hadir dapat membagikan pengetahuan yang diperoleh agar informasi tentang pengelolaan air limbah dan dampaknya dapat lebih luas tersebar di kalangan masyarakat.

Terlepas dari itu, proyek pengelolaan IPAL Losari oleh Perumda Air Minum Kota Makassar dijadwalkan akan diresmikan pada November 2023 mendatang.

Rencananya, akan diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here