Wali Kota Makassar Bakal Jadikan Enam Lokasi di Makassar Sebagai Lorong Wisata

BARUGANEWS,MAKASSAR – Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto alias Danny Pomanto akan mengembangkan lorong di Kota Makassar. Program tersebut diberi nama lorong wisata yang akan dijalankan pada 2022 mendatang.

Dalam program itu, Danny bakal menarget enam lokasi yang akan dijadikan sebagai lorong wisata di kota Makassar.

“Jadi enam lokasi yang kita target itu yakni Bumi Tamalanrea Makassar (BTP), Perumahan Dewi Karmilasari, Komp Citra Tello Baru, Jl Abu Bakar Lambogo, Lorong 272, dan Jalan Sungai Kelara Lr 96,” kata Danny Rabu (29/9/21).

Danny mengatakan, program lorong wisata tersebut akan berintegritas dalam inovasi komunitas cerdas yang terhubung untuk meningkatkan lorong taman di Kota Makassar.

“Soal lorong wisata ini saya aktif membahas dengan kelembagaan , dimana para professor yang bergabung di dalamnya. Jadi ini juga melalui kolaborasi sinergis antara tim AS dan Indonesia dan kemitraan erat dengan Kota Makassar,” ujarnya.

Danny menyebut, bahwa program lorong wisata tersebut bertujuan untuk meningkatkan kelayakan huni kota, diukur dengan faktor-faktor termasuk kualitas udara, indeks panas, ketahanan pangan, dan interaksi sosial.

Sehingga, kata Danny dengan bekerjasama sejumlah peneliti dari ITB dan UGM, database dari penelitian dapat dikumpulkan untuk bisa menilai wilayah mana yang layak untuk dilakukan pengembangan produk pangan berkelanjutan dan budaya sosial ekonomi.

“Ini kerjasama penelitian dari ITB dan UGM. Kerjasamanya sudah berjalan setahun dan masih meneliti. Minggu depan akan ada satelit cuaca yang memantau wilayah kota Makassar untuk menentukan indeks kualitas udara dan hubungan sosial di wilayah yang akan disasar,” terang Danny.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here