Presiden Minta Masyarakat Hadapi Pandemi Jadi Endemi, Danny: Segera Buatkan Regulasi

BARUGANEWS,MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menanggapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memulai proses transisi dari pandemi ke endemi. Sebelumnya, Jokowi menegaskan bahwa Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat, olehnya itu masyarakat harus siap hidup berdampingan dengan virus corona. Danny sapaanya mengatakan, pernyataan itu merupakan perintah presiden kepada kepala daerah untuk mempersiapkan diri menghadapi proses transisi pandemi jadi endemi.

Untuk itu, Pemerintah Kota Makassar akan segera membuat regulasi lokal terkait transisi pandemi menjadi endemi.
“Kita harus bikin regulasi lokal tentang ini karena kan dicanangkan oleh bapak presiden bahwa diharapkan daerah mempersiapkan pandemi menjadi endemi. Jadi kita harus punya aturan. Jadi semua pimpinan daerah mempersiapkan pandemi jadi endemi dan mulai mensosialisasikan. Berarti lokal regulasi yang paling penting,” tambahnya.

Danny mengatakan, meski warga sudah bisa melakukan aktifitas dengan berbagai kelonggaran di PPKM level 2. Protokol Kesehatan (prokes) harus tetap diperketat.

“Kelonggaran pembatasan ada pada waktu dan jumlah kapasitas pada pelaku usaha. Ini yang kita kasi longgar tadinya 30 persen sekarang 50 persen. Tadinya 6 jam menjadi 8 jam. Tapi protokol tidak bisa ditawar. Kuncinya dua. Percepat vaksinasi dan Perketat protokol,” terang Danny.

Meski begitu, Danny mengatakan warga tidak boleh malakukan uforia berlebih dengan adanya kebijakan kelonggaran aktifitas warga. “Tidak perlu ada uforia karena adanya kelonggaran kegiatan yang diperlonggar, prokes tetap diperketat lagi,” tegas Danny.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here