Dewan Pendidikan Makassar Dorong Penguatan Pengawas dan Penilik Sekolah

BARUGAnews,Makassar – Dewan Pendidikan Kota Makassar mendorong penguatan peran pengawas dan penilik sekolah di Makassar. Penguatan itu dilakukan dengan memfasilitasi Rakor para pengawas dan penilik sekolah di Hotel Mercure, Jalan AP Pettarani, Makassar, Rabu (7/7/2021).

Dialog bertajuk Rakor Pengawas dsn Penilik se-Kota Makassar itu digelar untuk mengetahui sejauh mana peran para pengawas dan penilik sekolah memainkan perannya selama ini sebagai perpanjangan tangan Dinas Pendidikan ke sekolah-sekolah.

Kegiatan itu menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba, Prof Yusran Jusuf yang saat ini dipercaya sebagai Ketua Tim Ahli Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdy, Muliono Caco serta Dr Zainuddin Djaka yang juga anggota Dewan Pendidikan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba mengatakan sangat berterima kasih kepada Dewan Pendidikan Kota Makassar yang telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga pihaknya bisa tahu seperti apa posisi pengawas dan penilik sekolah dalam melaksanakan tugasnya.

“Untung ada Dewan Pendidikan Kota Makassar yang menfasilitasi saya bertemu. Jadi semua unek-unek mereka bisa disampaikan walaupun waktu terbatas,” kata Nielma.

Dia menekankan, pengawas dan penilik sekolah merupakan perpanjangan tangan Dinas Pendidikan. Sehingga seluruh kebijakan yang ada di Dinas Pendidikan, menjadi tugas mereka untuk menyosialisasikannya ke sekolah.

“Jadi, walaupun ada NKKN, K3S, forum yang dibuat kepala sekolah, tapi yang resmi sebagai perpanjangan tangan pemerintah tetap pengawas. Seluruh kebijakan, merekalah yang sosialisasikan,” kata Nielma.

Jika ada persoalan yang mereka temukan dalam melaksanakan tugas, seperti kebuntuan komunikasi, harus segera dikonsolidasikan dan diselesaikan dengan baik.

Menjadi catatan dalam hal penyusunan SKS, harus melibatkan tiga pilar yakni sekolah, pengawas dan komite sekolah. Jadi, pengawas bisa memberikan masukan dalam peningkatan mutu pendidikan.

Sementara itu, Prof Yusran Jusuf menekankan, salah satu poin penting yang ingin diwujudkan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan Wakil Wali Kota Fatmawati Rusdy adalah melakukan revolusi pendidikan.

Untuk melaksanakan program tersebut, kata Prof Yusran, perlu penguatan terhadap semua stakeholder terkait. Bukan hanya dalam manajemen sekolah, namun juga dalam pengawasan.

“Di sini peran pengawas sangat dibutuhkan agar semua sekolah bisa melaksanakan pesannya dengan maksimal,” jelas mantan Pj Wali Kota Makassar itu.

Dia berharap, ke depan, pengawas dan penilik sekolah memperkuat sinergitas dan soliditas agar segala hambatan dalam melaksanakan revolusi pendidikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here