Master Covid-19 Ujung Pandang Ingatkan Prokes Sebelum Buka Segel Apartemen Sudirman

Rapat Koordinasi membahas penanganan klaster baru penyebaran covid-19 Apartemen Sudirman.

BARUGA, MAKASSAR – Master Covid-19 Ujung Pandang, Andi Patiware duduk bersama unsur Tripika guna membahas permasalahan covid-19 klaster baru pekerja bangunan Apartemen 31 Sudirman.

“Kita berkumpul membicarakan dan pemaparan puskesmas serta perusahaan Apartemen 31. Semenjak adanya covid, klaster yang perihal tersebut, dinilai sangat besar dan adanya pekerja terpapar positif covid. Jadi kami telah berupaya berkoordinasi dengan Tripika Kecamatan Ujung Pandang,” sebut Patiware kepada awak media, Sabtu (12/06/2021).

Sebelum mencabut segel di lokasi pembangunan apartemen tersebut, Patiware ingin memastikan jika pelaksanaan proyek dapat memperketat protokol kesehatan (prokes) terhadap seluruh karyawan.

Tidak hanya  itu, di mess atau di tempat tinggal sementara para pekerja prokes juga harus diterapkan.

“Kita belum menyampaikan kebijakan akan beroperasi lagi pada Apartemen 31 Sudirman. Selain itu, seluruh pekerja yang positif Covid 19 telah dibawa ke RS Pelamonia (31 orang), RS Balai Paru (31 orang). Sedangkan ada 3 orang menjalani isolasi mandiri di Kecamatan Panakkukang dan Kecamatan Makassar. Dan untuk negatif pekerja ada 29 orang,” paparnya.

Untuk pekerja yang terpapar covid-19, lanjut Patiware, Satgas Covid Hunter sudah menyarankan agar mereka melakukan isolasi mandiri.

Itu untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus corona di lingkungan mess pekerja di Jalan Batu Putih.

“Semua telah dipisahkan, sehingga kita sampaikan pihak perusahaan Apartemen 31 Sudirman yang pasien positif harus dibawa ke RS Balai Paru untuk diperiksa lebih lanjut lagi. Sedangkan pihak Puskesmas juga menyampaikan akan merapid tes pekerja yang telah menjalani isolasi mandiri, supaya diketahui langsung hasilnya,” jelasnya.

Turut hadir dalam pertemuan ini Kapolsek Ujung Pandang, AKP Bagas Sancoyoning. Pihaknya bersedia bekerjasama dengan pemerintah kecamatan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 tersebut.

“Dalam program Makassar Recover, kita ketahui ada satgas raika yang bertugas untuk mengurangi kerumunan, sebab penyakit ini tak kelihatan. Akhirnya meningkat dan terbukti di Apartemen Sudirman ada terpapar Covid. Jadi kita memanggil managemen untuk mengantisipasinya. Kita juga selalu bekerjasama dengan satgas covid dan satgas Hunter,” tuturnya.

Sedangkan Sabda Jatih selaku Koordinator HRD Proyek Apartemen Sudirman berjanji akan mematuhi penyampaian master covid-19.

“Kita sudah melaporkan dan memberikan data isolasi mandiri para pekerja ke Master Ujung Pandang. Tentukan mereka (satgas Hunter, red) senantiasa memantau dan mengawasi pekerja kami. Sedangkan untuk pekerja yang negatif dari Covid 19, kita usulkan untuk bekerja dan mengikuti lagi aturan yang ditentukan pemerintah Kota Makassar,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here