Makassar Recover Rekrut 10 Ribu Detektor dan 5 Ribu Nakes

BARUGAnews,Makassar – Program Makassar Recover merekrut 10 ribu detektor dan 5 ribu tenaga kesehatan (nakes).

Mereka bakal terlibat dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Makassar.

Perekrutan relawan nakes yang termasuk dalam bagian imunitas kesehatan, melibatkan dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan tenaga perawat dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Juru bicara Makassar Recover, Henny Handayani, mengatakan bahwa tim relawan detektor dan nakes akan terjun langsung ke rumah warga. Mereka akan melakukan screening dan pengumpulan data terkait penyebaran Covid-19.

“Proses screening atau pengumpulan data umum, akan dipilah mana OTG (orang tanpa gejala) dan mana orang terpapar Covid-19,” ujar Henny, Kamis (20/5/2021).

Saat ini pengadaan APD dan sarana penunjang lainnya dalam proses perampungan, yang nantinya akan digunakan oleh tim detektor dan nakes.

“Sebelum turun ke rumah-rumah warga, para detektor akan diberikan pembekalan khusus,” tambah Henny.

Henny menyebutkan, selain sektor imunitas kesehatan, program Makassar Recover yang dicanangkan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama wakilnya, Fatmawati Rusdi, juga menyasar sektor adaptasi sosial dan pemulihan ekonomi.

Proses adaptasi sosial berupa pembentukan Satuan Tugas Pengurai Kerumunan (Satgas Raika) yang dipimpin Kasatpol PP. Dibantu personel TNI-Polri, yang bertugas mengontrol penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian di Makassar.

Untuk bagian pemulihan ekonomi, Dinas Pariwisata Makassar tengah menyusun prosedur standar operasional kegiatan dan tempat-tempat wisata.

Termasuk monitoring di tiap kecamatan dengan menggunakan aplikasi zoom meeting, yang dikoordinatori tim Master Kecamatan.

“Aplikasi MR ini juga sudah bisa diunduh di smartphone Android, kami akan terus menyampaikan update perkembangan kegiatan MR ini. Mari kita bergandengan tangan menyukseskan MR, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” beber Henny. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here