Dinas Pariwisata Prioritaskan BPUP Bangkitkan Ekonomi Makassar

BARUGAnews,Makassar – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelontarkan anggaran Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP) di tahun 2021 ini.

Nilai bantuan dana hibah itu tidak tanggung-tanggung, kurang lebih Rp2,4 triliun.

Dinas Pariwisata Makassar rupanya saat ini juga fokus memanfaatkan BPUP itu, agar bantuannya bisa digunakan bagi pelaku usaha pariwisata di Makassar.

Hanya saja, nilai bantuan yang akan diterima Makassar belum pasti. Sebab masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

“Kita lagi tunggu petunjuk teknis dari pusat, yang disahkan oleh menteri pariwisata. Kita lagi menunggu,” kata Muhammad Roem usai dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata Makassar, Rabu (01/09/2021).

Roem bilang, bantuan BPUP tersebut bakal disalurkan ke 62 jenis usaha pariwisata dari 13 jenis wisata di Makassar.

Itu lanjutnya, sudah sejalan dengan perintah wali kota Makassar yang ingin membangkitkan ekonomi kota Makassar di tengah pandemi covid-19.

“Yang paling pertama adalah kemungkinan bantuan pariwisata bagi usaha pariwisata atau BPUP. Itu dulu karena ini termasuk dalam program pemulihan ekonomi bagaimana sektor pariwisata bisa bangkit,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya baru melakukan sosialisasi ke asosiasi usaha pariwisata untuk mempersiapkan dokumen atau syarat agar bisa mendapat BPUP.

“Saat ini belum ada, tapi kita lagi mengantisipasi dengan melakukan beberapa pertemuan dengan asosiasi usaha pariwisata untuk mempersiapkan berkas-berkas yang mereka miliki seperti NIB, NPWP perusahaan. Kita sudah melakukan pertemuan untuk mempersiapkan,” ujar Roem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here