Guna Awasi Bahan Berbahaya pada Makanan dan Minuman, BPOM Ajak PD Pasar Makassar

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Pasar Dalam rangka peningkatan Pengawasan Bahan Berbahaya pada Makanan dan Minuman. Kegiatan tersebut diselenggarakan di kantor Balai POM di Jl. Baji Minasa, Makassar, Rabu (27/8/2020).

BARUGANEWS,MAKASSAR – Sebagai bentuk pencegahan, Balai Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) mengajak jajaran PD Pasar Makassar untuk melakukan pengawasan keamanan pangan di pasar-pasar.

Hal ini terungkap pada kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Pasar Dalam rangka peningkatan Pengawasan Bahan Berbahaya pada Makanan dan Minuman. Kegiatan tersebut diselenggarakan di kantor Balai POM di Jl. Baji Minasa, Rabu (27/8/2020).

Direktur Utama PD Pasar, Basdir sangat mengapresiasi kerjasama tersebut. Karena berkaitan dengan upaya yang diperlukan untuk pencegahan pangan dari kemungkinan yang tidak diinginkan.

“Terutama di sini terkait cemaran biologis, bahan kimia maupun benda lainnya yang bisa membahayakan atau merugikan kesehatan. Misalnya adanya kandungan bahan pengawet, pestisida, zat pewarna dan lain sebagainya,” ujar Basdir.

Olehnya menurut mantan Legislatif Kota Makassar ini menuturkan, “dibutuhkan memang peran semua pihak terkait, khususnya pengelola pasar dalam melakukan edukasi kepada pedagang untuk memastikan kualitas bahan pangan di pasar sebelum dikonsumsi oleh warga,” pungkasnya.

Sementara Kepala Balai POM, Muh. Guntur mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengawasan bahan berbahaya dalam makanan guna melindungi masyarakat dari produk makanan yang tidak memenuhi syarat keamanan, mutu dan Manfaatnya.

“Kita mengajak Direksi PD Pasar ini untuk bersama-sama dalam melakukan monitoring secara berkala dan kami menyerahkan Paket Alat Tes Cepat / Rapid Test terutama mengecek Pewarna dan Pengawet yang digunakan dalam makanan dan minuman,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here