1.000 Alat untuk Tes PCR Disiapkan Dinas Kesehatan Makassar

Naisyah Tun Azikin

BARUGANEWS,MAKASSAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar menyiapkan 1.000 tes polymerase chain reaction (PCR) untuk mendiagnosis penyakit corona virus atau COVID-

Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan tes PCR ini bekerjasama dengan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar (BBLKM) Provinsi Sulawesi Selatan.

“Saat ini sudah kita siapkan 1000 untuk pengambilan swab. Tapi kita masih dijanji 1000 lagi. Insyaallah, pekan depan kalau tidak ada halangan kita sudah mulai jalan,” tukas Naisyah.

Ia mengungkapkan terkait hal tersebut, pihaknya juga mulai mendata kelurahan hingga tingkat RT/RW dengan angka kasus positif tertinggi, khususnya enam kecamatan yang menjadi wilayah episentrum.

“Ini kita sementara mendata. Kita akan bergerak mulai dari wilayah episentrum,” kata Naisyah.

Dia menyebut penentuan wilayah yang akan dilakukan tes PCR berdasarkan sistem rangking. Mulai dari tingkat kelurahan hingga RT/RW. Sehingga, kata dia, tidak menutup kemungkinan dalam satu kelurahan ada dua RT/RW yang akan mengikuti tes PCR. Bisa juga tidak ada.

Kendati hanya enam kecamatan yang masuk wilayah episentrum, namun pihaknya tetap melakukan pendataan di delapan kecamatan lainnya. Jangan sampai ada kelurahan atau RT/RW yang memiliki populasi cukup tinggi dan menjadi sumber penularan baru. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here