Kasus Covid-19 di Makassar Mulai Turun Sejak 16 Juli, Pemkot Optimis Terkait Membaiknya Situasi

Juru Bicara Tim Gugus Covid-19 Makassar, Ismail Hajiali

BARUGANEWS,MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar mengklaim bahwa kasus covid-19 di Kota Makassar mulai menurun. Menurut Kadis Kominfo Makassar, yang juga Jubir Tim Gugus Covid, Ismail Hajiali mengatakan penurunan kasus covid itu mulai terlihat sejak 16 Juli 2020.

“Jadi mulai tanggal 16 itu mulai ada penurunan, dari 16 ke 17 itu 25 sedangkan tanggal 17 ke 18 kasusnya 24, sementara tanggal 18 ke 19 sebanyak 23 kasus. Semoga terus menurun hingga kurvanya melandai,” kata Ismail, Senin (20/7/2020).

Ia mengatakan meski penurunannya tidak signifikan, ia meyakini bahwa hal ini suatu bentuk keberhasilan tim gugus dalam melakukan percepatan pengendalian covid-19.

“Tentu ini hal yang baik. Karena kasus covid mulai menurun,” ujarnya.

Salah satu pemicu sehingga kasus covid mulai menurun di Makassar setelah dilakukannya pembatasan aktivitas keluar masuk di Makassar melalui kebijakan Perwali 36.

Didalam perwali ini, warga luar Makassar yang tak punya surat bebas covid-19 dilarang masuk melintas di Makassar.

Ia juga tak menampik, wabah virus yang ada saat ini akibat penularan transmisi lokal.

“Transmisi lokal itu misal penularan dari keluarganya atau kerabat mereka. Makanya kita minta masyarakat untuk wajib bermasker, dan jaga jarak. Kalau tidak penting tidak usah dulu keluar,” tambahnya.

Di Makassar saat ini, ada tiga kecamatan yang menduduki di atas 500 kasus. Kecamatan itu yakni Rappocini sebanyak 599 kasus, Biringkanaya 551 kasus, dan Panakkukang 529 kasus.

Sementara untuk data terakhir kasus covid di Makassar berjumlah 2.331, dinyatakan sembuh 2.212, dan meninggal 206 orang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here