Pemkot Makassar dan Pelindo IV Sepakat Bangun Parkiran Transit bagi Truk

BARUGANEWS, MAKASSAR – Di sekitar kawasan industri Pelabuhan Soekarno-Hatta, akan dibangun area parkir. Itu, diperuntukkan untuk kendaraan jenis truk.

Hal tersebut menjadi kesepakatan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Penjabat (Pj) Wali Kota, Prof Yusran Yusuf dengan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV, Prasetyadi.

Prof Yusran bilang, kebijakan itu ditempuh untuk mengatasi kemacetan di wilayah pelabuhan. Khususnya di Jalan Nusantara, Kecamatan Wajo.

“Kita segera membuat parkir transit di sekitar kawasan industri. Truk sebelum masuk pelabuhan bisa parkir di situ, sambil menunggu waktu bongkar muat (barang). Pengoperasiannya berbasis digital,” jelas Prof Yusran di rumah jabatannya, Selasa (26/05/2020) malam.

Untuk membangun area parkir, akan disiapkan lahan seluas 3 hektare (ha). Itu, dapat menampung sedikitnya 1.500 unit truk.

Selain mengatasi kemacetan, lanjut Prof Yusran, upaya tersebut juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Makassar.

“Pemkot Makassar, dan Pelindo IV sepakat membangun parkir transit. Kita upayakan dalam waktu yang tidak lama bisa ground breaking karena lahannya sudah ada milik Pemkot Makassar,” kata dia yang juga Kepala Bappeda Sulsel.

Untuk diketahui, rencana itu telah diberlakukan di DKI Jakarta. Terbukti, dapat mengurangi kemacetan di area pelabuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here