Pemkot Makassar Akan Melaksanakan Rapid Test Massal kepada Pedagang, Odar dan Jukir

BARUGANEWS,MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal melaksanakan rapid test massal selama dua pekan untuk mendeteksi penyebaran virus Corona (Covid-19). Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suaheb mengatakan, upaya tersebut akan melibatkan 47 puskesmas dan menggunakan 20.000 alat rapid tes bantuan dari pemerintah provinsi Sulsel, dimulai tanggal 12 hinga 24 Mei 2020.

Rapid test nantinya, kata Iqbal, akan menyasar pedagang di pasar tradisional, pengemudi ojek daring (Odar,), juru parkir (Jukir), dan bekerjasama dengan perusahaan daerah (PD) kota Makassar.

“Pedagang pasar, ojol, dan jukir dijadikan sebagai target screening karena mereka bekerja di tempat umum, sehingga potensi terpapar lebih besar,” kata Iqbal Suaheb melalui Keterangan persnya, diterima Selatan.co.id, Selasa (12/5/2020).

Di masa pemberlakuan tahap ke dua pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kota Makassar ini, sebanyak 6.943 pedagang pasar tersebar di 18 pasar tradisional di Makassar akan menjalani rapid tes, 100 orang kelektor, 2.068 juru parkir dan 10.000 pengemudi ojek daring.

Adapun, jadwal pelaksanaan rapid test untuk pasar tradisional akan dilakukan dalam beberapa tahapan di bawah koordinasi PD Pasar. Tanggal 12 Mei , akan meliputi Pasar Sambung Jawa, Pasar Parang Tambung, Pasar Pabaeng-Baeng, Pasar Pabaeng-Baeng Timur.

Kemudian 13 Mei, rapid tes digelar di Makassar new mall (Pasar Central), pasar Kalimbu, Pasar Kerung-Kerung, Pasar Mamajang, Pasar Maricaya, dan pasar kampung baru. Selanjutnya 14 Mei, Pasar Terong, Pasar Panampu, Pasar Cendrawasih, dan Pasar Panakukang. 15 Mei di Pasar Butung, Pasar Sawah, Pasar Mandai, serta Pasar Niaga Daya.

Sementara, rapid tes untuk juru parkir digelar tanggal 14-16 Mei di 14 Puskesmas, koordinasi dengan PD Parkir. Syaratnya, juru parkir membawa identitas berserta surat panggilan yang dikeluarkan pihak PD Parkir, kemudian diperlihatkan kepada petugas medis di Puskesmas.

Bagi, rapid tes pengemudi ojek daring digelar tanggal 16-19 Mei, bekerja sama dengan Gojek. Pemeriksaan digelar di 47 Puskesmas se kota Makassar, dengan menunjukkan identitas serta menunjukkan surat pengantar melalui aplikasi gojek.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here