Soal Pj Walikota Makassar, Ini Perintah Mendagri ke Gubernur

PJ Walikota Iqbal Suhaeb

BARUGANEWS,MAKASSAR – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ternyata telah menyurati gubernur Sulsel untuk melakukan evaluasi kinerja terhadap Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb. Pemprov diminta membentuk tim.

Dalam surat bernomor 131.73/2241/OTDA tersebut, evaluasi ini menjadi pertimbangan untuk penggantian Pj wali kota yang baru. Ada bebeeapa point pertimbangan yang mendasari evaluasi Iqbal Suhaeb yang masa jabatannya akan berakhir 13 Mei mendatang.

Salah satunya soal surat dari pimpinan DPRD Makassar ke Gubernur Sulsel pada 8 April lalu yang menekankan soal kemitraan. DPRD Makassar meminta agar gubernur melakukan evakuasi atas kinerja Pj wali kota saat ini dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Selain itu, temuan Bawaslu juga jadi pertimbangannya. Dalam surat tersebut, Dirjen Otoda Kemendagri, Akmal Malik juga meminta gubernur membentuk tim evaluasi. Tim tersebut terdiri dari Sekretaris Daerah, Kepala Inspektorat, serta Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulsel.

Evaluasi tersebut setidaknya terdapat 13 parameter evaluasi kinerja secara umum. Diantaranya kinerja Pj terhadap netralistas PNS, kinerja terhadap kondisi pelaksanaan pemerintah daerah, serta hubungan kemitraan Pj wali kota dengan DPRD Makassar.

Kemudian ada evaluasi kinerja secara umum dengan beberapa parameter. Di antaranya kinerja Pj wali kota optimalisasi jalur pedestrian di Makassar, kinerja penertiban anak jalanan, gelandangan, dan pengemis, serta kinerja terhadap penertiban parkir.

Dirjen Otonomi Daerah menolak berkomentar banyak ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut. Pihaknya menunggu evaluasi dari gubernur atas kinerja Pj wali kota. “Ditunggu saja,” jelasnya singkat, sore kemarin.

Sementara Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani juga menolak memberi komentar banyak.” Kita liat aja. Biarkan kerja dulu teman-teman,” jelas mantan direktur penanganan fakir miskin di Kemensos ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here