Makassar Siaga : Ijtima Dunia di Tengah Corona, 5 Ribu Orang Tiba di Gowa

BARUGANEWS,MAKASSAR – Kegiatan Ijtima Dunia Zona Asia 2020 yang akan digelar 8 ribu jamaah tabligh di kompleks Pesantren Darul Ulum, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada 19-22 Maret di tengah pandemi virus corona menuai pro dan kontra.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo telah menyurati panitia kegiatan untuk menunda pelaksanaan guna mencegah penularan covid-19. Namun, para peserta dari berbagai penjuru Indonesia telah berdatangan. Bahkan dari luar negeri seperti Pakistan telah berdatangan sejak bulan lalu.

Abu Thoriq, (50), jamaah tabligh penanggung jawab halaqoh (sektor) Mamajang, Makassar mengatakan para peserta ijtima saat ini tengah berkumpul di lapangan Medan Ijtima. Sementara itu, saat ini Camat, Kapolres dan Dandim setempat berada di kantor Camat Bontomarannu menunggu panitia acara untuk rapat bersama.

Thoriq mengatakan Camat Bontomarannu, Muhammad Sabir mulanya  sudah mau menjamin keamanan dan kesehatan peserta Ijtima Dunia bersama Polda Sulsel.  Sejak Minggu lalu (15/3), terpasang tenda-tenda polisi di lokasi acara. Namun, sore tadi tenda-tenda itu sudah dicopot.

“Sore tadi Dandim datangi Camat. Informasinya, Pangdam minta kegiatan ditangguhkan. Padahal kegiatan ini dipersiapkan sudah lama. Peserta sudah pada berdatangan. Sudah ada lebih 5 ribu orang yang datang dari target 25 ribu hingga 30 ribu orang. Jadi mau apa lagi, harus tetap jalan,” kata Abu Thoriq.

Sementara itu, Kapolda Sulsel, Irjen Polisi Mas Guntur Laupe, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo yang hendak dikonfirmasi belum menanggapi telepon.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo membenarkan 8 ribu jamaah tabligh akan berkumpul di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Dia mengatakan saat ini seluruh pihak terkait tengah membahas pertemuan tersebut. Kendati begitu, Agus belum mengetahui hasil rapat tersebut.

Acara Ijtima Dunia Zona Asia sendiri bertentangan dengan kehendak Presiden Joko Widodo yang mengimbau masyarakat turut berperan dalam menekan penularan virus corona. Misalnya dengan membatasi kegiatan di luar rumah.

Penyelenggara Ijtima Dunia 2020 Zona Asia ini sebelumnya menyelenggarakan Tabligh Akbar di Masjid Sri Petaling, Malaysia pada 28 Februari hingga 1 Maret 2020. Dalam Tabligh Akbar tersebut, sedikitnya 696 warga negara Indonesia (WNI) menjadi peserta. Tabligh Akbar itu juga diikuti oleh 12 orang positif corona.

Setelah acara, pemerintah Malaysia mengumumkan ada 117 kasus baru positif corona, 80 di antaranya terkait dengan klaster Masjid Sri Petaling.

Sejauh ini, telah ada 227 kasus positif corona di Indonesia. Paling banyak terjadi di Jakarta. Dari jumlah tersebut, 19 orang meninggal dunia dan 11 orang sembuh dari Covid-19. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here