Kantor PD Parkir Makassar Di Kepung Puluhan Juru Parkir

BARUGANEWS,MAKASSAR – Puluhan juru parkir yang tergabung dalam Aliasi Juru Parkir Makassar mengepung kantor PD Parkir Makassar Raya, di Jalan Hati Mulia, Senin (17/02/2020).

Aksi mereka menolak penerapan parkir elektronik yang rencananya akan diberlakukan PD Parkir Makassar Raya bersama dengan pihak ketiga yakni PT Mitra Parkir Sukses.

Para jukir khawatir penetapan parkir elektronik atau pembayaran parkir secara non tunai justru mematikan usaha mereka.

Belum lagi, sistem seperti ini sudah dilakukan sejak 2018 lalu dengan menggunakan terminal parkir elektronik (TPE) tapi tidak berjalan efektif, bahkan terkesan gagal. “Segala kebijakan jukir kali ini itu kita secara tegas menolak, karena sangat merugikan jukir,” tegas Mirah, salah satu perwakilan juru parkir.

PD Parkir Makassar Raya sebagai perusahaan daerah tidak melanjutkan program ini, apalagi rencana ini ditolak oleh hampir seluruh jukir. “Memaksakan rencana ini hanya akan menciptakan gejolak di kalangan jukir yang bekerja tiap hari,” tuturnya.

Sementara, Dirops PD Parkir Makassar Raya, Susuman Halim menegaskan bahwa penerapan sistem parkir elektronik ini justru akan menjamin kesejahteraan para jukir. “Kami ingin meyakinkan bahwa sistem ini lebih menjamin masa depan mereka,” tuturnya.

Dia pun menyampaikan sistem baru ini berbeda dengan TPE. Soal gagal tidaknya, menurut Sugali ini merupakan sebuah proses sehingga sistem ini perlu untuk dipersiapkan agar tidak seperti TPE. “Kalau persoalan gagal itukan proses, jadi sekarang ini kita mempersiapkan diri dari pembayaran tunai ke pembayaran non tunai,” tuturnya.

Rencananya, sistem baru ini akan diterapkan di lima titik yakni di Jalan Boulevard, Jalan Pengayoman, Jalan Perintis Kemerdekaan (sekitar M-Tos), Jalan Sulawesi dan sepanjang Anjungan Pantai Losari. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here