Hasil Sidak Dewan: Pemkot Makassar Labrak Perda Minuman Beralkohol

BARUGANEWS,MAKASSAR – Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dibeberapa mal, untuk menindaklanjuti aduan masyarakat terkait adanya penjualan minuman beralkohol (minol) di dalam mall.

Sidak minol ini menyasar dua lokasi, yakni Mal Pipo dan Trans Studio Mal yang berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Jumat (24/1/2020). Mereka yang turun pada sidak tersebut antara lain Kasrudi, Aswar, Apiaty Kamaluddin Amin Syam, Nunung Dasniar, Zaenal Dg. Beta, Farouk, Ray Suryadi Arsya.

Alhasil, dalam sidak ditemukan dua toko pada masing-masing mal menjual minuman beralkohol, di antaranya Cafe Vines (Trans Mal) dan Portico Garage (Mal Pipo). Ironisnya, kedua gerai tersebut mengantongi izin minol dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Hal tersebut jelas bertentangan dengan peraturan daerah (Perda) Kota Makassar yang melarang penjualan minol di dalam mal. Pemkot selama ini secara terang-terangan melabrak aturan lantaran memberikan izin tersebut.

“Yang boleh dapat izin minol itu hanya di tempat hiburan malam (THM) dan hotel,” ujar Anggota Komisi A DPRD Makassar Zaenal Dg Bate, kepada wartawan usai sidak tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi A DPRD, Nunung Dasniar mengatakan, setelah melakukan sidak tersebut pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap dinas terkait soal izin yang diberikan.

“Langkah awal kita akan panggil dinas terkait untuk melalukan koordinasi soal izin. Ini kan jelas melanggar Perda karena di Mall tidak boleh berjualan Miras,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, kata legislator Fraksi Gerindra itu, pihaknya akan melakukan Rapat Komisi dan secepatnya akan melakukan pemanggilan dinas terkait untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP).

“Kami akan melakukan tindak tegas. Penjualan miras yang ada di tempat umum (Mal) harus ditutup, melanggar Perda 2014. Terbukti juga kalau Pemkot Makassar sendiri yang melanggar atau labrak aturan, kita hanya melakukan fungsi kita sebagai dewan atas dasar laporan dari masyarakat,” jelasnya.

Disela sidak, tepatnya Portico Garage (penjual minol di mall Pipo) yang juga menyediakan bar bagi pengunjungnya, anggota DPRD sedikit dikejutkan dengan kedatangan salah satu politisi ternama Sulsel, yakni Ketua DPW Partai Nasdem, Rusdi Masse (RMS), yang juga merupakan anggota DPR RI.

Bersama rombongan, RMS datang mengenakan jaket kebesaran partai dengan raut wajah yang penuh bangga, mereka nampak santai masuk kedalam mini bar sembari berbincang dengan yang lain.

Hanya berjarak sekitar dua meter dari tempat tersebut, nampak puluhan anak di bawah umur yang memeriahkan festival busana cilik. Tak jarang beberapa di antara mereka meratap bingung dengan jejeran botol minuman impor yang berada persis di sampingnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here