Ini Fakta Soal Kampanye Prabowo Capai 1 Juta Orang

BARUGA, JAKARTA – Calon Presiden nomor urut 2 Republik Indonesia (Capres 2 RI), Prabowo Subianto telah mengklaim bahwa kampanye yang digelarnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Minggu (7/4/2019) melebihi massa satu juta orang.

“Tanya panitia, berapa yang sudah hadir di sekitar senayan, Berapa? Kurang lebihnya. Satu jutah lebih. Saudara-Saudara.. saudara dikasi uang gak ke sini? Bagaimana 1 juta orang mau dikasi uang? Bahkan tadi saya di mobil saya dikasih uang oleh rakyat,” kata Prabowo saat membawakan orasi politiknya.

Namun, fakta sebenarnya menurut Direktur Utama Gelora Bung Karno (GBK), Winarto adalah kapasitas GBK setelah renovasi mampu menampung 76.127 kursi. “Kalau lapangan rumput plus running track diisi manusia, lapangan hijau 105 x 68 m atau berukuran 7140 meter persegi,” katanya, Minggu (7/4/2019).

Sedang kata Winarto melanjutkan, untuk ukuran satu meter dapat menampung dua orang. “Berarti kapasitasnya jadi 15 ribu orang, plus running track 10 ribu orang. Artinya kapasitas full: 100.000 – 110.000 orang,” jelasnya.

Hitungan tersebut belum termasuk jika digabung dengan luas panggung dan daerah luar GBK. “Kepotong panggung, taruhlah 106.000 (seperti saat Muslimat NU yang jumlahnya juga 106.000) melihat luar yang relatif kosong, tarihlah ada 10 ribu orang di luar. Total 116 ribu… tambahan… itulah total kapasitas GBK,” tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, Kampanye akbar Prabowo-Sandi dimulai dengan salat subuh berjamaah serta zikir bersama di SUGBK. Massa yang datang cukup banyak hingga ke luar SUGBK. Ketua umum partai pendukung dan pengusung juga hadir.

Jalan-jalan sekitar SUGBK macet. Polda Metro Jaya mengerahkan 850 personel untuk mengurai kemacetan dan mengawal rekayasa lalu lintas. (*)

Baca juga: Capres Prabowo Sebut Massa Kampanye Akbarnya di Senayan Capai 1 Juta Orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here