Bapenda Target BPHTB Naik 10 Persen

BARUGA,MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar harus memutar otak untuk mencapai target penerimaan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

Pasalnya, Bapenda Makassar memasang target yang cukup fantastis, yakni Rp. 330 miliar untuk tahun 2019. Naik 10 persen atau Rp. 30 miliar dari target tahun lalu.

“Target kita tahun 2019 ini tinggi, Rp. 330 miliar,” ungkap Kepala UPTD Kepala UPT BPHTB Bapenda Makassar, Andi Wahyu Yusuf, Selasa (27/3/2019).

Untuk itu, pihak Bapenda Makassar berupaya mengoptimalkan penerimaan pajak dengan sosialisasi dengan mitra dan juga mengeluarkan inovasi baru.

Inovasi ini, kata Andi Wahyu, berupa zonasi wilayah, sehingga persenan besaran pajak cukup melalui nilai transaksi saja.

“Berdasarkan hasil asistensi dengan BPK dan arahan Pak Kepala Bapenda, pengaturan nilai tanah berdasarkan zonasi. Kalau kita pakai NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) hasilnya bisa kurang lagi, jadi rata-rata nilai transaksinya saja,” ujarnya.

Untuk itu, Andi Wahyu mengatakan, Bapenda Makassar akan menjalin kerja sama dengan Badan Pertanahan Negara terkait persoalan zonasi ini.

“Karena kita mau zonasi tentu harus koordinasi dengan BPN. Kita akan MoU dengan BPN,” ujarnya.

Yang paling penting, lanjut Andi Wahyu, kejujuran dan transparan pihak yang melakukan transaksi atau pengalihan hak atas tanah dan bangunan.

“Makanya selain inovasi tadi, kita juga kembali ingatkan mitra kita untuk transparan dalam melaporkan transaksi,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here