Hendak Bangun Sentra Bakat Pemuda, Ini Langkah Dispora Makassar

BARUGA,MAKASSAR – Meski sudah memperoleh predikat Kota Layak Pemuda oleh Kemenpora RI, Pemerintah Kota Makassar tidak berpuas diri, justru predikat tersebut menjadi cambuk untuk terus berbenah.

Melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Pemkot Makassar bakal membangun fasilitas kepemudaan modern, Youth Talent Center.

“Kita punya cita-cita bersama para pemuda, kita mau buat Youth Talent Center. Sebuah sentra ekspresi dan bakat pemuda yang selama ini belum representatif,” ungkap Kepala Dispora Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin. Kamis (15/11/2018).

Fasilitas ini rencananya bakal dibangun berdampingan dengan Sekretariat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar.

Kendati demikian, rencana ini memiliki tantangan, yakni persoalan kepemilikan lahan. Pihak Dispora Makassar ingin memperkuat bukti secara hukum bahwa lokasi pembangunan adalah aset Pemkot Makassar.

“Kita mau pertegas lahan tersebut adalah aset Pemkot Makassar, yakni fasum fasos (fasilitas umum dan fasilitas sosial) yang diserahkan pihak pengembang Timurama pada saat itu,” ucapnya.

Untuk membicarakan hal ini, Dispora Makassar sengaja menghadirkan Ketua KNPI Kota Makassar, Christopher Aviary, Ketua MPI KNPI Makassar, Arman, Lurah Ballaparang, Muh. Arief, pihak PT. Timurama, Nasrullah, Dinas Pertanahan, Andi Usni, dan Kabid Pengembangan Pemuda Dispora, Azhar Anwar.

“Kalau kita mau bangun di situ, kita harus yakinkan sebagai milik Pemkot Makassar. Memang fasum fasos dari Timurama. Dibuktikan oleh sejumlah dokumen sebagai bukti otentik,” katanya.

Langkah selanjutnya, pihak Pemkot Makassar akan melakukan sertifikasi lahan untuk memperkuat status kepemilikan dibantu pihak pengembang Timurama yang dulu berkewajiban menyerahkan lahan sebagai fasum fasos.

“Kemudian kita akan mengurus kelengkapan legalitas seperti BPN, kemudian didaftarkan di BPKAD selaku pengelola aset Pemkot Makassar,” ujarnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here