Timbulkan Kepanikan Plt Camat Mariso Menegur Pelaku Pembakaran Lahan

BARUGA,MAKASSAR – Kepulan asap tebal yang terlihat pada pukul 10.14 hampir di sepanjang Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (15/8/2018) sontak membuat beberapa warga sekitar panik.

Atas kejadian tersebut Plt Camat Mariso, Juliaman ditemani Lurah Mattoanging, Babinsa, Babinkamtibmas Kelurahan Mattoanging dengan sigap melakukan pengecekan.

Setelah dilakukan pengecekan ternyata kepulan asap yang timbul berasal dari rumput ilalang yang sengaja dibakar oleh penjaga lahan kosong tersebut.

“Kami bersama-sama telah melaksanakan pengecekan penyebab timbulnya asap yang disebabkan oleh kelalaian dari penjaga lahan yang sembarangan melakukan pembakaran di lahan kosong sehingga menyebabkan kepanikan warga setempat,” Terang Juliaman.

“Tadi kami berupaya masuk kedalam lahan kosong untuk memadamkan api dari rumput ilalang tersebut, namun sempat di halangi oleh penjaga lahan yang enggan membuka pinti sehingga kami mengambil tindakan tegas dengan menegur penjaga lahan itu,” sambungnya.

Tidak hanya itu Juliaman juga memperingatkan untuk tidak mengulangi kejadian serupa karena tidak sesuai dengan apa yang telah dituangkan dalam Undang-undang.

“Kami juga sempat secara tegas memperingati penjaga lahan agar tidak melakukan aktifitas pembakaran lahan karena hal tersebut bertentangan dengan Undang-undang no 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkingan hidup,” pungkasnya.

Dari peristiwa ini Juliaman berharap agar masyarakat senantiasa menjaga lingkungan dan tidak melakukan pembakaran di sembarang tepat serta lebih mawas diri dan waspada atas segala kemungkinan bencana yang dapat kapan saja terjadi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here