Disdukcapil Makassar Launching Kucata’Ki, Ini Tujuannya

BARUGA,MAKASSAR – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar meluncurkan program layanan kependudukan daring, Kucata’Ki. Acara ini digelar di Hotel Best Western Makassar, Jalan Botolempangan. Selasa (8/8/2018).

Kepala Disdukcapil Makassar, Nielma Palamba mengatakan program ini bertujuan memberikan efisiensi dalam pengurusan administrasi kependudukan, khususnya bagi pencatatan kelahiran dan kematian.

“Program ini bertujuan memudahkan dan mempercepat pengurusan akta kelahiran dan pelaporan kematian warga Kota Makassar. Bagi kami, ini lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan,” terang Nielma Palamba.

Kucata’Ki, kata Nielma Palamba, berangkat dari kondisi di mana masyarakat cenderung enggan melakukan pengurusan dokumen kependudukan apabila anaknya lahir dan ada yang meninggal.

“Jadi aplikasi ini diharapkan menjadi solusi kependudukan. Sebelumnya kita sudah latih pihak Puskesmas, rumah sakit dan Pemerintah Kelurahan, kita ingin informasi secara real time. Apalagi kita ini mengusung smartcity, jadi solusinya harus smart,” paparnya.

Lebih lanjut, Nielma Palamba menjelaskan, Kucata’Ki hanya dapat digunakan bagi warga yang berdomisili di Kota Makassar saja. Pasalnya, layanan kependudukan ini merupakan bagian yang terintegrasi dengan pusat data di command center Balaikota Makassar.

“Jadi yang di luar Kota Makassar tidak dapat akses Kucata’Ki, ini khusus warga Makassar. Karena kita menggunakan asas domisili,” sambungnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here