Dispora Makassar Tengah Susun Rancangan Perda Kesejahteraan Atlet

BARUGA,MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar tengah menyiapkan penyusunan rancangan peraturan daerah tentang kesejahteraan atlet.

“Pak Walikota menyampaikan kepada saya untuk merancang sebuah peraturan yang ada hubungannya dengan kesejahteraan atlet,” ungkap Kepala Dispora Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin saat dijumpai di Balaikota Makassar. Rabu (31/7/2018).

Pihak Dispora sudah melakukan pertemuan internal untuk menindaklanjuti instruksi Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto ini. “Kita sudah briefing di bidang olahraga, kira-kira seperti apa sih draft atau rancangan perda mengenai kesejahteraan atlet,” sambungnya.

Achmad Hendra Hakamuddin terus berupaya menemukan formulasi yang tepat untuk rancangan aturan ini. Pihaknya akan berkonsultasi dengan Bagian Hukum dan HAM Pemkot Makassar.

Selain itu, Dispora Makassar juga akan berkonsultasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinsi Sulsel dan Kota Makassar.

“Kita masih mencari-cari nomenklatur yang pas, apakah atlet atau mantan atlet. Kita akan konsultasi ke Bagian Hukum,” ujarnya.

Penyusunan rancangan Perda ini, kata Achmad Hendra, berangkat dari keprihatinan Walikota Makassar yang juga mantan atlet softball mengenai kesejahteraan mantan atlet.

“Berangkat dari inisiatif Bapak Walikota yang prihatin mengenai mantan atlet, di mana ketika sudah menjadi veteran sebagian besar kehidupannya memprihatinkan,” katanya.

Diketahui, setiap ulang tahun Pemerintah Kota Makassar diserahkan penghargaan kepada para atlet, mantan atlet maupun pelatih sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi di bidang olahraga.

“Tapi berbeda kalau kita punya payung hukum yang sifatnya mengikat, persoalan kesejahteraan atlet ini nantinya akan memiliki kepastian hukum,” ujarnya.

Dampak lain yang diharapkan yakni para atlet di masa sekarang menjadi semangat dalam mengukir prestasi, di berbagai tingkatan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here