9 Indikator Salah Satu Peningkatan Kinerja dan Kualitas RT/RW

BARUGA,MAKASSAR – Kegiatan pembinaan RT/RW tahap IV tingkat Kecamatan dilaksanakan di aula Kecamatan Biringkanaya, Kamis (26/7/2018).

Prof. Amir Husain pembicara pertama, mengungkapkan bahwa RT/RW adalah ujung tombak Pemerintah yang lebih tahu dan kenal dengan masyarakatnya, dan juga sebagai penyambung aspirasi warga ke Pemerintah Kelurahan.

“Selain ujung tombak Pemerintah, RT/RW juga sebagai penyambung aspirasi warga, yang lebih tau apa yang menjadi keluhan ataupun kendala masyarakat. Disamping itu juga, RT/RW dapat perkuat database warga masyarakat diwilayah masing-masing, agar tersampul suatu data profil kelurahan yang sistematis,”ujarnya.

Plt Kasubag Kelembagaan BPM kota Makassar, Iswanto,S.Kom juga menambahkan pada kegiatan pembinaan ini, merupakan kegiatan tahunan bagi RT/RW, juga apa yang menjadi program Walikota Makassar untuk memperkuat sistem dan program Pemerintah Kota Makassar yaitu 9 indikator.

“9 indikator sudah bagian program dari Pemerintah Kota Makassar, yang dijalankn oleh RT/RW. Karena keberhasilan RT/RW tergantung dalam menjalankan program yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Kota, serta dalam bentuk pelayanan kepada masyarakat,”tambah Iswanto tersebut.

Ia pun menjelaskan bahwa, betapa pentingnya peningkatan kualitas 9 indikator, karena ini juga salah satu penilaian sebagai pemberian insentif tambahan kepada RT/RW yang di bayarkan.

“RT/RW harus bersinergi dengan LPM dan Lurah agar program kegiatan dapat berjalan efektif dan efisien dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Pemberian insentif kepada RT/RW juga dibayarkan berdasarkan nilai positif yang diukur dari kinerja,”pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here