Hadiri RANARWASDA, Danny Ikut Menandatangani MoU Dengan Kejaksaan Negeri

BARUGA,MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menghadiri. Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah

(RANARWASDA) 2018 yang membahas penandatanganan perjanjian kerja sama mengenai koordinasi Apip dengan Aph.

Dimana dalam penanganan laporan atau pengaduan masyarakat yang berindikasi tindak pidana korupsi penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten/ Kota se-Sulawesi selatan, Senin (16/7/18) di Grand Claro Makassar.

Penandatanganan MoU ini diwakili oleh Perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Perwakilan Kejaksaan Negeri, Kapolres, dan Pejabat Kabupaten/ Kota.

Pada kegiatan tersebut, Danny juga turut menandatangani MoU antara Kejaksaan Negeri dengan beberapa perwakilan pejabat Kabupaten/ Kota.

“Makassar merupakan Kota ke X yang melakukan MoU perjanjian kerja sama tentang koordinasi APIP dengan APH dalam penanganan laporan atau pengaduan masyarakat yang berindikasi tindak pidana korupsi,” Ujar Perwakilan Kementerian Dalam Negeri.

Lanjutnya, beliau menekankan bahwa koordinasi APIP dan APH tidak ditujukan untuk melindungi tindakan kejahatan ataupun membatasi APH dalam penegakan hukum.

Namun, lebih untuk mengedepankan hukum administrasi sehingga penanganan pidana merupakan ultimum remedium atau upaya akhir dalam penanganan suatu permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dengan harapan, agar perjanjian MoU ini dapat segera diimplementasikan di jajaran kewilayahan sehingga target pembangunan di daerah dapat tercapai.

Prinsipnya penandatangan ini juga agar semua laporan masyarakat mesti ditindaklanjuti oleh APIP dan APH. Sepanjang data identitas nama dan alamat pelapor serta laporan dugaan tindak pidana korupsi dilengkapi dengan bukti bukti permulaan atau pendukung berupa dokumen yang jelas. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here