Pemkot Makassar Perluas Kawasan RTH Hutan Mangrove

BARUGA,MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus berupaya untuk meningkatkan jumlah lahan kawasan hutan mangrove. Salah satunya dengan rencana menanaman bibit pohon mangrove di atas lahan kurang lebih 5 hektare.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar, Abd Rahman Bando mengatakan, kemarin, 50.000 bibit mangrove telah ditanam di dua lokasi, yaitu Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, dan Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea. Tujuannya, untuk mengembangkan kawasan hutan mangrove yang saat ini tengah dalam ancaman. Baik ancaman ekologi, lingkungan dan oknum tertentu.

“Kita akan tanam 50.000 bibit pohon mangrove, tujuannya kita karena di pesisir utara dalam posisi ancaman ekologi, lingkungan dan oknum tertentu. Bahkan sudah ada yang mengklaim dengan mengkapling kawasan itu. Jadi sebelum penanaman bibit, kita minta untuk jajaran TNI/Polri untuk melakukan peninjauan kembali di lapangan,” jelas Rahman Bando.

“Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kawasan ruang terbuka hijau (RTH) yang memang masih minim di kota Makassar,” sambungnya.

Dia merinci, 50.000 bibit pohon mangrove ini dilakukan di enam titik.

“Satu orang akan menanam 30 bibit pohon mangrove, ini di tanam bergerak ke arah laut, dengan jarak masing-masing 1 meter, kecuali yang ada batu cadas atau spot yang tidak bisa tanami itu bergeser sedikit,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here